PROGRAM STUDI  KEBIDANAN (D-III DAN D-IV)
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
 
 KOMPETENSI MATA KULIAH

MATAKULIAH           :   FARMAKOLOGI
KODE                           :   Bd. 206
SKS                               :   2 SKS  (1
SKS Kuliah + 1 SKS Praktikum)
SEMESTER                  :   Genap
PENGAMPU                :   Septimawanto Dwi Prasetyo, S.Farm., M.Si., Apt.
                                          Indrawati Kurnia Setyani, S.Farm., Apt.
TELPON/HP                :   085228006211 
E-MAIL                        :   septimawanto_apt@yahoo.co.id
BUKU ACUAN
UTAMA :
- Ansel, H.C., Allen, L.V., Popovich, N.G., 1999, Pharmaceutical Dosage Forms and Drug Delivery Systems, seventh edition, Lippincott Williams and Wilkins, Philadelphia.
- Aslam, M., Tan, C.K., dan Prayitna, A., 2003, Farmasi Klinis, Menuju Pengobatan Rasional dan Penghargaan Pilihan Pasien, Gramedia, Jakarta.
- ISFI, 2008, ISO Indonesia, Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia, Jakarta
- Suwaldi, dkk., 2005, Obat-Obat Penting utuk Palayanan Kefarmasian, Bagian Farmasetika, Falultas Farmasi, UGM.
- Suwaldi, dkk, 2006, Kapita Selekta Dispensing I, Bagian Farmasetika, Fakultas Farmasi, UGM.
- Tatro, 2003, Drug Fact and Comparison, Division of Wolters Kluwer Health, Inc, Philadelphia.
- Tjay, T.H., dan Raharja, K., 2002, Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan, dan Efek-efek Sampingnya, Gramedia, Jakarta.
DESKRIPSI
SINGKAT MATA KULIAH :
Mata
kuliah Farmakologi  membahas tentang
konsep umum Farmakologi yang mencakup prinsip-prinsip biofarmasetik, farmakokinetik, dan
farmakodinamik obat. Selain itu juga memberikan wawasan dan pemahaman kepada
mahasiswa tentang berbagai macam obat yang digunakan untuk pelayanan kebidanan,
yaitu golongan obat untuk penyakit ringan (minor
illnesses), antibiotik, antijamur, analgetik, diuretik, anemia, vitamin dan
mineral, anestesi, antikonvulsi, antihipertensi, uterotonik, dan obat
preeklampsia, serta obat imunologi. Masing-masing golongan obat akan ditinjau
dari aspek pengertian, khasiat dan kegunaan, efek samping dan interaksinya,
serta bagaimana pengelolaannya jika terjadi efek samping dan interaksi yang
tidak diinginkan.  Diuraikan pula contoh
obat generik dan brand name yang
banyak digunakan di pelayanan kebidanan. Peraturan perundang-undangan yang
mengatur penggolongan obat juga dijabarkan. Dalam mata kuliah ini
diapalikasikan pula cara pembuatan sediaan obat yang banyak digunakan untuk
pelayanan kebidanan.
TUJUAN
MATAKULIAH :
1.      Memberikan pemahaman dan
pengertian kepada mahasiswa mengenai konsep umum proses-proses farmakologi obat
yang berlangsung dalam tubuh manusia.
2.      Memberi pemahaman tentang obat-obat
yang banyak digunakan dalam pelayanan kebidanan (obat self-medication, analgetik, antibiotik, kontrasepsi, hipertensi,
anemia, vaksin, serta vitamin dan mineral dilihat dari aspek indikasi,
kontraindikasi, dosis, mekanisme kerja obat, interaksi dengan obat
lain/makanan, dan informasi penting yang harus disampaikan kepada pasien.
3.      Melatih mahasiswa bersikap
aktif dan kritis melalui sistem pembelajaran “case base learning” dalam
memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan farmakologi secara
komprehensif melalui diskusi kelompok
EVALUASI :
Sistem penilaian dilakukan dengan komposisi
penilaian:
   UTS: 25%, 
UAS: 25%, Praktikum 30% ; Tugas 10% dan Diskusi 10%
JENIS TUGAS :
- Tugas mandiri :
a. Membuat 
rangkuman secara komprehensif tentang aspek farmakologi obat-obat untuk
pelayanan kebidanan dan penugasan identifikasi obat-obat brand name yang tersedia di pasaran.  
- Tugas kelompok :
a. Membuat makalah tertulis
tentang pembahasan skenario beberapa obat untuk penanganan penyakit seperti penyakit
ringan (demam, batuk, common cold), anemia,
hipertensi preeklampsia, pemilihan kontrasepsi, dan pemilihan antibiotik yang
tepat untuk penanganan infeksi yang dikaitkan dengan aspek ketepatan indikasi,
dosis, kemungkinan timbulnya efek samping dan interaksi obat.
b.Presentasi  makalah 
 terpilih dan dianggap layak,  diikuti dengan diskusi kelompok.
- MATAKULIAH PRASYARAT : -

Dibuat Oleh                          :  Septimawanto Dwi Prasetyo,
S.Farm., M.Si., Apt
Pada tanggal                          :  14 Februari 2014
Diperbaiki/Direvisi Oleh       :  ……..................……………………………………..
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
 
 A. Kemampuan Intelektual
| 
No. | 
Kemampuan Intelektual | 
Metode dan Strategi Belajar Mengajar | 
Evaluasi | 
| 
1. | 
Mampu memahami logika dan konsep umum proses farmakologi
  obat yang terjadi dalam tubuh | 
kuliah interaktif
  & praktikum | 
UTS, UAS, responsi
  praktikum | 
| 
2. | 
Mampu memahami respon tubuh terhadap obat dan
  proses farmakokinetiknya dalam tubuh | ||
| 
3. | 
Mampu memahami mekanisme interaksi obat dengan
  obat lain/makanan dalam tubuh,, baik dalam tahap biofarmasetik,
  farmakokinetik, maupun farmakodinamik. | ||
| 
4. | 
Mampu
  mengidentifikasi indikasi, kontraindikasi, perhitungan dosis dan kemungkinan
  efek samping suatu obat sehingga menuju ke arah pengobatan rasional. | 
B. Kemampuan Berkarya
| 
No. | 
Kemampuan berkarya | 
Metode dan Strategi Belajar Mengajar | 
Evaluasi | 
| 
1. | 
Mampu berpikir sistematik  dalam menyerap materi perkuliahan tentang
  proses farmakologi obat secara komprehensif. | 
       tugas
  mandiri  | 
  Sistimatika penulisan makalah   | 
| 
2. | 
Mampu membuat rangkuman tertulis materi kuliah
  tersebut dan memecahkan masalah jika ada suatu problem pengobatan |  |  | 
C. Kemampuan Komunikasi
| 
No. | Kemampuan Komunikasi | 
Metode dan Strategi Belajar Mengajar | 
Evaluasi : | 
| 
1 | 
Mampu menyampaikan gagasan secara langsung dan mempresentasikan
  makalah di depan umum. 
tentang obat-obat untuk pelayanan kebidanan. | 
presentasi
  oral dan diskusi | 
Cara pengampaian gagasan, penguasaan materi,
  keaktifan. | 
| 
2. | 
Mampu berargumentasi secara ilmiah dan dapat
  menghargai pendapat orang lain |  |  | 
D. Kemampuan Manajerial dan Pengembangan Profesional
| 
No. | 
Kemampuan manajerial | 
Metode dan Strategi Belajar Mengajar | 
Evaluasi | 
| 
1. | 
Mampu
  bekerjasama dalam kelompok  dalam
  mempersiapkan makalah dan presentasi | 
 presentasi oral dan diskusi  | 
kekompakan,
  kerjasama kelompok  | 
| 
2. | 
Mampu
  memecahkan masalah / pertanyaan bersama-sama  |  |  | 
| 
3. | 
Mampu
  menempatkan diri sebagai ketua kelompok maupun anggota kelompok |  |  | 
SILABUS & SAP MATA KULIAH
Pokok Bahasan dan Alokasi Waktu
| 
Per 
temuan | 
Pokok Bahasan | Sub-Pokok Bahasan | 
Waktu | 
Metode 
Pembela 
jaran | 
Acuan | 
Pengampu | 
| 
1. | 
Kontrak
  Pembelajaran | 
1.       
  Kontrak
  Pembelajaran 
2.       
  Pendahuluan | 
50 menit | 
Kuliah Interaktif | 
Silabus | 
SDP | 
| 
2. | 
Konsep
  dasar farmakologi | 
1.       
  Pendahuluan 
2.       
  Definisi farmakologi, mencakup ruang lingkup ilmu
  farmakologi 
3.       
  prinsip biofarmasetika, mencakup pengaruh cara
  pemberian obat dengan ketersediaan obat di dalam tubuh 
4.       
  prinsip
  farmakokinetik, mencakup proses absorpsi, bioavailabilitas, distribusi,
  metbolisme, dan ekskresi obat 
5.       
  prinsip
  farmakodinamik, mencakup ikatan obat-reseptor, proses agonisme dan
  antagonisme | 
50 menit | 
Kuliah Interaktif | 
5, 7 | 
SDP | 
| 
3. | 
Pengenalan
  Sediaan Obat | 
1.       
  Aspek farmakologi obat-obat
  untuk pelayanan kebidanan dan identifikasi obat-obat brand name yang tersedia di pasaran | 
50 menit | 
Kuliah Interaktif dan penugasan | 
3, 4, 5 | 
SDP | 
| 
4. | 
Perhitungan dosis obat  | 
1.       
  pendosisan obat berdasarkan umur, berat badan, dll 
2.       
  studi kasus identifikasi kejadian underdose dan overdose | 
50 menit | 
Kuliah Interaktif 
Dan studi kasus | 
1,2,5 | 
SDP | 
| 
5. | 
Interaksi obat | 
1.       
  Klasifikasi
  interaksi: inkompatibilitas, farmakokinetik, dan farmakodinamik 
2.       
  interaksi obat
  dengan obat lain 
3.       
  interaksi obat
  dengan makanan 
4.       
  penilaian
  signifikansi klinis interaksi obat | 
50 menit | 
Kuliah Interaktif | 
2,4,6 | 
SDP | 
| 
6. | 
Golongan obat analgetik  | 
1.       
  Golongan analgetik NSAID dan AID 
2.       
  efek samping analgetik 
3.       
  dampak penggunaan analgetik pada kehamilan 
4.       
  studi kasus penggunaan analgetik pada anak dan ibu
  hamil | 
50  
menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7, | 
SP | 
| 
7. | 
Golongan obat antipiretik | 
1.         
  Golongan antipiretik 
2.       
  efek samping antipiretik 
3.       
  dampak penggunaan antipiretik pada kehamilan 
4.       
  studi kasus penggunaan antipiretik pada anak dan ibu
  hamil | 
50  
menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7, | 
SP | 
| 
8 dan 9 | 
Golongan
  obat antibiotik (Gol. Penisilin, aminoglikosid, makrolid, sefalosporin) dan
  antijamur | 
1.       
  pengenalan golongan antibiotik 
2.       
  pemilihan antibiotik yang aman untuk ibu hamil 
3.       
  studi kasus infeksi pada ibu hamil 
4.       
  telaah kasus berdasarkan kajian farmakoterapi | 
100 menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7, | 
IKS | 
| 
10 dan 11. | 
Golongan
  obat diuretik dan antihipertensi | 
1.       
  studi kasus penangan hipertensi preeklampsia 
2.       
  indentifikasi jenis hipertensi pada masa kehamilan 
3.       
  identifikasi obat yang aman untuk hipertensi kehamilan 
4.       
  identifikasi obat-obat diuretik | 
100 
menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7 | 
IKS | 
| 
12. | 
Golongan
  obat kontrasepsi 
Kel.
  5 | 
1.       
  studi kasus pemilihan alat kontrasepsi yang sesuai
  dengan kondisi akseptor 
2.       
  analisis kasus dan kesesuaian pemilihan alat
  kontrasepsi | 
50 
menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7 | 
IKS | 
| 
13. | 
Golongan
  obat anemia dan vitamin | 
1.       
  studi kasus ibu hamil yang mengalami anemia karena
  defisiensi zat besi 
2.       
  pembahasan kasus dan kesesuaian terapi | 
50  
menit | 
Diskusi kelompok dan tutorial | 
5,6,7 | 
SDP | 
| 
14. | 
Obat-obat
  minor illnesses | 
1.       
  kasus pengobatan dengan analgetik dan antipiretik,
  mukolitik, dan dekongestan | 
50 
menit | 
Diskusi kelompok | 
2,3,5 | 
SDP | 
|  |  | 
Jumlah  waktu  | 
700 menit |  |  |  | 
Kegiatan Praktikum:
| 
Pertemuan
  ke- | 
Pokok
  Bahasan | 
Kegiatan | 
Alat dan
  bahan | 
| 
1
  (100 menit) | 
Asistensi
  dan pengenalan bentuk sediaan obat | 
*Tes
  pendahuluan 
*Demonstrasi berbagai macam bentuk sediaan obat
  dan cara pembuatannya | 
1.       
  Mortir dan
  Stamper 
2.       
  contoh sirup
  kering 
3.       
  contoh suspensi 
4.       
  contoh tablet 
5.       
  contoh kapsul 
6.       
  contoh injeksi | 
| 
2
  (100 menit) | 
Penghitungan
  dosis obat | 
*Praktik menghitung dosis obat resep 
*Latihan tertulis | 
1.      
  resep 
2.      
  mortir dan stamper 
3.      
  timbangan 
4.      
  gelas ukur | 
| 
3 (100 menit) | 
Sediaan Padat | 
*Praktik membuat pulvis  
*Praktik membuat pulveres 
*postes lisan | 
1.      
  mortir dan stamper 
2.      
  bahan obat 
3.      
  timbangan 
4.      
  kertas perkamen 
5.      
  kertas etiket | 
| 
4 (100 menit) | 
Sediaan padat | 
*Praktik membuat kapsul dan suspensi 
*postes lisan | 
1.      
  mortir dan stamper 
2.      
  bahan obat 
3.      
  timbangan 
4.      
  cangkang kapsul 
5.      
  botol kemasan 
6.      
  kertas etiket | 
| 
5 (100 menit) | 
Sediaan semipadat  | 
*Praktik membuat unguenta  
*postes lisan | 
1.      
  mortir dan stamper 
2.      
  bahan obat 
3.      
  timbangan 
4.      
  pot salep 
5.      
  kertas etiket | 
| 
6 (100 menit) | 
Sediaan cair | 
*Praktik membuat solutio (obat batuk hitam) dan
  sirup 
*postes lisan | 
1.      
  mortir dan stamper 
2.      
  bahan obat 
3.      
  timbangan 
4.      
  gelas ukur 
5.      
  botol kemasan 
6.      
  kertas etiket | 
| 
7(100 menit) | 
Responsi Praktikum | 
Dilaksanakan secara individual dan tertulis |  | 
 
ass...ibu maaf mohon ijin,,, sudi kiranya ibu kirim artikel ini ke ninah_carinah@yahoo.com,, trima kasih sebelumnya ibu,...
BalasHapus