PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D-III DAN D-IV)
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
KOMPETENSI MATA KULIAH
MATAKULIAH : FARMAKOLOGI
KODE : Bd. 206
SKS : 2 SKS (1
SKS Kuliah + 1 SKS Praktikum)
SEMESTER : Genap
PENGAMPU : Septimawanto Dwi Prasetyo, S.Farm., M.Si., Apt.
Indrawati Kurnia Setyani, S.Farm., Apt.
TELPON/HP : 085228006211
E-MAIL : septimawanto_apt@yahoo.co.id
BUKU ACUAN
UTAMA :
- Ansel, H.C., Allen, L.V., Popovich, N.G., 1999, Pharmaceutical Dosage Forms and Drug Delivery Systems, seventh edition, Lippincott Williams and Wilkins, Philadelphia.
- Aslam, M., Tan, C.K., dan Prayitna, A., 2003, Farmasi Klinis, Menuju Pengobatan Rasional dan Penghargaan Pilihan Pasien, Gramedia, Jakarta.
- ISFI, 2008, ISO Indonesia, Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia, Jakarta
- Suwaldi, dkk., 2005, Obat-Obat Penting utuk Palayanan Kefarmasian, Bagian Farmasetika, Falultas Farmasi, UGM.
- Suwaldi, dkk, 2006, Kapita Selekta Dispensing I, Bagian Farmasetika, Fakultas Farmasi, UGM.
- Tatro, 2003, Drug Fact and Comparison, Division of Wolters Kluwer Health, Inc, Philadelphia.
- Tjay, T.H., dan Raharja, K., 2002, Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan, dan Efek-efek Sampingnya, Gramedia, Jakarta.
DESKRIPSI
SINGKAT MATA KULIAH :
Mata
kuliah Farmakologi membahas tentang
konsep umum Farmakologi yang mencakup prinsip-prinsip biofarmasetik, farmakokinetik, dan
farmakodinamik obat. Selain itu juga memberikan wawasan dan pemahaman kepada
mahasiswa tentang berbagai macam obat yang digunakan untuk pelayanan kebidanan,
yaitu golongan obat untuk penyakit ringan (minor
illnesses), antibiotik, antijamur, analgetik, diuretik, anemia, vitamin dan
mineral, anestesi, antikonvulsi, antihipertensi, uterotonik, dan obat
preeklampsia, serta obat imunologi. Masing-masing golongan obat akan ditinjau
dari aspek pengertian, khasiat dan kegunaan, efek samping dan interaksinya,
serta bagaimana pengelolaannya jika terjadi efek samping dan interaksi yang
tidak diinginkan. Diuraikan pula contoh
obat generik dan brand name yang
banyak digunakan di pelayanan kebidanan. Peraturan perundang-undangan yang
mengatur penggolongan obat juga dijabarkan. Dalam mata kuliah ini
diapalikasikan pula cara pembuatan sediaan obat yang banyak digunakan untuk
pelayanan kebidanan.
TUJUAN
MATAKULIAH :
1. Memberikan pemahaman dan
pengertian kepada mahasiswa mengenai konsep umum proses-proses farmakologi obat
yang berlangsung dalam tubuh manusia.
2. Memberi pemahaman tentang obat-obat
yang banyak digunakan dalam pelayanan kebidanan (obat self-medication, analgetik, antibiotik, kontrasepsi, hipertensi,
anemia, vaksin, serta vitamin dan mineral dilihat dari aspek indikasi,
kontraindikasi, dosis, mekanisme kerja obat, interaksi dengan obat
lain/makanan, dan informasi penting yang harus disampaikan kepada pasien.
3. Melatih mahasiswa bersikap
aktif dan kritis melalui sistem pembelajaran “case base learning” dalam
memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan farmakologi secara
komprehensif melalui diskusi kelompok
EVALUASI :
Sistem penilaian dilakukan dengan komposisi
penilaian:
UTS: 25%,
UAS: 25%, Praktikum 30% ; Tugas 10% dan Diskusi 10%
JENIS TUGAS :
- Tugas mandiri :
a. Membuat
rangkuman secara komprehensif tentang aspek farmakologi obat-obat untuk
pelayanan kebidanan dan penugasan identifikasi obat-obat brand name yang tersedia di pasaran.
- Tugas kelompok :
a. Membuat makalah tertulis
tentang pembahasan skenario beberapa obat untuk penanganan penyakit seperti penyakit
ringan (demam, batuk, common cold), anemia,
hipertensi preeklampsia, pemilihan kontrasepsi, dan pemilihan antibiotik yang
tepat untuk penanganan infeksi yang dikaitkan dengan aspek ketepatan indikasi,
dosis, kemungkinan timbulnya efek samping dan interaksi obat.
b.Presentasi makalah
terpilih dan dianggap layak, diikuti dengan diskusi kelompok.
- MATAKULIAH PRASYARAT : -
Dibuat Oleh : Septimawanto Dwi Prasetyo,
S.Farm., M.Si., Apt
Pada tanggal : 14 Februari 2014
Diperbaiki/Direvisi Oleh : ……..................……………………………………..
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Kemampuan Intelektual
No.
|
Kemampuan Intelektual
|
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu memahami logika dan konsep umum proses farmakologi
obat yang terjadi dalam tubuh
|
kuliah interaktif
& praktikum
|
UTS, UAS, responsi
praktikum
|
2.
|
Mampu memahami respon tubuh terhadap obat dan
proses farmakokinetiknya dalam tubuh
|
||
3.
|
Mampu memahami mekanisme interaksi obat dengan
obat lain/makanan dalam tubuh,, baik dalam tahap biofarmasetik,
farmakokinetik, maupun farmakodinamik.
|
||
4.
|
Mampu
mengidentifikasi indikasi, kontraindikasi, perhitungan dosis dan kemungkinan
efek samping suatu obat sehingga menuju ke arah pengobatan rasional.
|
B. Kemampuan Berkarya
No.
|
Kemampuan berkarya
|
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu berpikir sistematik dalam menyerap materi perkuliahan tentang
proses farmakologi obat secara komprehensif.
|
tugas
mandiri
|
Sistimatika penulisan makalah
|
2.
|
Mampu membuat rangkuman tertulis materi kuliah
tersebut dan memecahkan masalah jika ada suatu problem pengobatan
|
|
|
C. Kemampuan Komunikasi
No.
|
Kemampuan Komunikasi |
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
|
Evaluasi :
|
1
|
Mampu menyampaikan gagasan secara langsung dan mempresentasikan
makalah di depan umum.
tentang obat-obat untuk pelayanan kebidanan.
|
presentasi
oral dan diskusi
|
Cara pengampaian gagasan, penguasaan materi,
keaktifan.
|
2.
|
Mampu berargumentasi secara ilmiah dan dapat
menghargai pendapat orang lain
|
|
|
D. Kemampuan Manajerial dan Pengembangan Profesional
No.
|
Kemampuan manajerial
|
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu
bekerjasama dalam kelompok dalam
mempersiapkan makalah dan presentasi
|
presentasi oral dan diskusi
|
kekompakan,
kerjasama kelompok
|
2.
|
Mampu
memecahkan masalah / pertanyaan bersama-sama
|
|
|
3.
|
Mampu
menempatkan diri sebagai ketua kelompok maupun anggota kelompok
|
|
|
SILABUS & SAP MATA KULIAH
Pokok Bahasan dan Alokasi Waktu
Per
temuan
|
Pokok Bahasan
|
Sub-Pokok Bahasan |
Waktu
|
Metode
Pembela
jaran
|
Acuan
|
Pengampu
|
1.
|
Kontrak
Pembelajaran
|
1.
Kontrak
Pembelajaran
2.
Pendahuluan
|
50 menit
|
Kuliah Interaktif
|
Silabus
|
SDP
|
2.
|
Konsep
dasar farmakologi
|
1.
Pendahuluan
2.
Definisi farmakologi, mencakup ruang lingkup ilmu
farmakologi
3.
prinsip biofarmasetika, mencakup pengaruh cara
pemberian obat dengan ketersediaan obat di dalam tubuh
4.
prinsip
farmakokinetik, mencakup proses absorpsi, bioavailabilitas, distribusi,
metbolisme, dan ekskresi obat
5.
prinsip
farmakodinamik, mencakup ikatan obat-reseptor, proses agonisme dan
antagonisme
|
50 menit
|
Kuliah Interaktif
|
5, 7
|
SDP
|
3.
|
Pengenalan
Sediaan Obat
|
1.
Aspek farmakologi obat-obat
untuk pelayanan kebidanan dan identifikasi obat-obat brand name yang tersedia di pasaran
|
50 menit
|
Kuliah Interaktif dan penugasan
|
3, 4, 5
|
SDP
|
4.
|
Perhitungan dosis obat
|
1.
pendosisan obat berdasarkan umur, berat badan, dll
2.
studi kasus identifikasi kejadian underdose dan overdose
|
50 menit
|
Kuliah Interaktif
Dan studi kasus
|
1,2,5
|
SDP
|
5.
|
Interaksi obat
|
1.
Klasifikasi
interaksi: inkompatibilitas, farmakokinetik, dan farmakodinamik
2.
interaksi obat
dengan obat lain
3.
interaksi obat
dengan makanan
4.
penilaian
signifikansi klinis interaksi obat
|
50 menit
|
Kuliah Interaktif
|
2,4,6
|
SDP
|
6.
|
Golongan obat analgetik
|
1.
Golongan analgetik NSAID dan AID
2.
efek samping analgetik
3.
dampak penggunaan analgetik pada kehamilan
4.
studi kasus penggunaan analgetik pada anak dan ibu
hamil
|
50
menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7,
|
SP
|
7.
|
Golongan obat antipiretik
|
1.
Golongan antipiretik
2.
efek samping antipiretik
3.
dampak penggunaan antipiretik pada kehamilan
4.
studi kasus penggunaan antipiretik pada anak dan ibu
hamil
|
50
menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7,
|
SP
|
8 dan 9
|
Golongan
obat antibiotik (Gol. Penisilin, aminoglikosid, makrolid, sefalosporin) dan
antijamur
|
1.
pengenalan golongan antibiotik
2.
pemilihan antibiotik yang aman untuk ibu hamil
3.
studi kasus infeksi pada ibu hamil
4.
telaah kasus berdasarkan kajian farmakoterapi
|
100 menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7,
|
IKS
|
10 dan 11.
|
Golongan
obat diuretik dan antihipertensi
|
1.
studi kasus penangan hipertensi preeklampsia
2.
indentifikasi jenis hipertensi pada masa kehamilan
3.
identifikasi obat yang aman untuk hipertensi kehamilan
4.
identifikasi obat-obat diuretik
|
100
menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7
|
IKS
|
12.
|
Golongan
obat kontrasepsi
Kel.
5
|
1.
studi kasus pemilihan alat kontrasepsi yang sesuai
dengan kondisi akseptor
2.
analisis kasus dan kesesuaian pemilihan alat
kontrasepsi
|
50
menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7
|
IKS
|
13.
|
Golongan
obat anemia dan vitamin
|
1.
studi kasus ibu hamil yang mengalami anemia karena
defisiensi zat besi
2.
pembahasan kasus dan kesesuaian terapi
|
50
menit
|
Diskusi kelompok dan tutorial
|
5,6,7
|
SDP
|
14.
|
Obat-obat
minor illnesses
|
1.
kasus pengobatan dengan analgetik dan antipiretik,
mukolitik, dan dekongestan
|
50
menit
|
Diskusi kelompok
|
2,3,5
|
SDP
|
|
|
Jumlah waktu
|
700 menit
|
|
|
|
Kegiatan Praktikum:
Pertemuan
ke-
|
Pokok
Bahasan
|
Kegiatan
|
Alat dan
bahan
|
1
(100 menit)
|
Asistensi
dan pengenalan bentuk sediaan obat
|
*Tes
pendahuluan
*Demonstrasi berbagai macam bentuk sediaan obat
dan cara pembuatannya
|
1.
Mortir dan
Stamper
2.
contoh sirup
kering
3.
contoh suspensi
4.
contoh tablet
5.
contoh kapsul
6.
contoh injeksi
|
2
(100 menit)
|
Penghitungan
dosis obat
|
*Praktik menghitung dosis obat resep
*Latihan tertulis
|
1.
resep
2.
mortir dan stamper
3.
timbangan
4.
gelas ukur
|
3 (100 menit)
|
Sediaan Padat
|
*Praktik membuat pulvis
*Praktik membuat pulveres
*postes lisan
|
1.
mortir dan stamper
2.
bahan obat
3.
timbangan
4.
kertas perkamen
5.
kertas etiket
|
4 (100 menit)
|
Sediaan padat
|
*Praktik membuat kapsul dan suspensi
*postes lisan
|
1.
mortir dan stamper
2.
bahan obat
3.
timbangan
4.
cangkang kapsul
5.
botol kemasan
6.
kertas etiket
|
5 (100 menit)
|
Sediaan semipadat
|
*Praktik membuat unguenta
*postes lisan
|
1.
mortir dan stamper
2.
bahan obat
3.
timbangan
4.
pot salep
5.
kertas etiket
|
6 (100 menit)
|
Sediaan cair
|
*Praktik membuat solutio (obat batuk hitam) dan
sirup
*postes lisan
|
1.
mortir dan stamper
2.
bahan obat
3.
timbangan
4.
gelas ukur
5.
botol kemasan
6.
kertas etiket
|
7(100 menit)
|
Responsi Praktikum
|
Dilaksanakan secara individual dan tertulis
|
|
ass...ibu maaf mohon ijin,,, sudi kiranya ibu kirim artikel ini ke ninah_carinah@yahoo.com,, trima kasih sebelumnya ibu,...
BalasHapus